Tips Memilih Ban Trail Untuk off Road



TIPS MEMILIH BAN TRAIL UNTUK OFF ROAD

Hai selamat datang di blog APRS racing team dengan tema kali ini ada bagai mana sih TIPS MEMILIH BAN TRAIL UNTUK OFF ROAD. Bagi kalian yang tidak ingin rugi apa bila membeli ban trail yang nyaman atau pas untuk motor trail kesayangan kalian ni sob ni aku tunjukin ni sob simak baik2 ya sob agar tidak kecewa saat memilih ban trail buat motor trail mu

Bagi sobat Adventuriderz yang gemar melakukan kegiatan enduro atau blusukan di jalur off road, pemilihan ban yang tepat merupakan faktor krusial. Motor garang plus rider yang handal saja tidak akan cukup untuk menaklukkan medan yang berat di jalur off road kalau tidak didukung oleh pemilihan ban yang tepat. Apalagi kalau musim hujan dengan kondisi tanah basah, pemilihan ban yang salah bisa membuat rider kerap terpeleset, bahkan mencium tanah menjadi hal yang lumrah.

Lalu, seperti apa ban yang cocok di jalur off road? Ketika memilih ban, sobat jangan tertipu dengan penampilannya yang sangar dan gagah. Belum tentu ban dengan tampilan sangar itu cocok untuk kebutuhan riding sobat. Pada dasarnya ada tiga pilihan ban yang bisa sobat gunakan untuk motor di jalur off road, yaitu hard, intermediate, dan soft. Hard akan cocok digunakan untuk jalur off road tanah kering atau pun berupa bebatuan, sedangkan soft yang cocok digunakan di jalur off road yang basah maupun penuh dengan lumpur. Bagaimana dengan tipe intermediate? Tipe yang satu ini menawarkan kompromi antara tipe hard dan soft. Artinya, intermediate masih oke dipakai di jalur off road kering, namun juga tidak begitu buruk ketika dipakai di jalur off road basah.
Ban-Off-Road-001
Bagi sobat yang mempunyai uang berlebih, mungkin nggak akan menjadi masalah mempunyai stok beberapa tipe ban sekaligus yang bisa digunakan sesuai dengan situasi dan kondisi yang ada. Tapi buat yang duitnya pas-pasan, pemilihan ban yang tepat ini menjadi begitu penting. Kalau salah beli ban, nanti nggak nyaman, menguras tenaga saat digunakan, dan bisa jadi menguras uang karena pengen beli lagi karena salah itu tadi. Untuk kebutuhan all round, artinya bisa digunakan di jalur kering atau basah, sebaiknya sobat memilih tipe intermediate. Paling tidak ini masih bisa digunakan untuk kondisi jalur yang kering dan keras hingga basah.
Pertimbangan lainnya saat memilih ban off road adalah ukuran ban. Di pasaran saat ini tersedia beberapa ukuran diameter, misalnya untuk velg dengan diameter 16 inch di belakang dan 19 inch di depan atau 18 inch pada roda belakang dan 21 inch pada roda depan. Rasanya agak sulit menemukan ban dengan ukuran diameter selain dua pasang ukuran tadi (16-19 dan 18-21). Sementara itu, untuk lebarban terdapat ukuran seperti 80/100, 90/100, atau 100/100. Semua ukuran itu umumnya tersedia untuk setiap diameter velg. Mana yang cocok untuk motor sobat? Bagi yang menggunakan velg 18-21 inch, sobat bisa memilih ukuran 90/100-18 untuk roda belakang dan 80/100-21 di roda depan. Ukuran itu termasuk yang paling ideal bagi motor-motor bertenaga sedang yang banyak beredar di Indonesia. Untuk pilihan merek cukup banyak kok di pasaran, ada Dunlop, Pirelli, Bridgeston, Metzeler, Maxxis, Kenda, dan lain-lain. Harganya juga bervariasi, mulai dari Rp 1,7 juta satu set hingga Rp 3 jutaan satu set juga ada. Tinggal sesuaikan saja dengan budget yang ada.
Enduro-002
ungkin pendapat ban paling baik merupakan ban yng tidak murah mampu menjadi acuan bagi atau bisa juga dikatakan untuk memilih Ban Motor Trail Terbaik Untuk Medan Off Road. Mengapa demikian? Karena dasarnya memang, ban motor trail bagi atau bisa juga dikatakan untuk off road terbagi menjadi tiga tipe, yng masing-masing tipe mawakili kualitas serta kenyamanan era melibas medan off road.
Bagi offroaders yng memilih baudget lebih umumnya akan memborong ketiga tipe ban trail off road ini. Yaitu ban trail off road tipe hard, intermediate, serta ban trail off road tipe soft. Masing-masing tipe ban mewakili fungsinya bagi atau bisa juga dikatakan untuk melibas tipe medan off road. Baik medan off road yng becek, berbatu, maupun basah semisal melewati sungai. Lalu, tipe Ban Motor Trail Terbaik semisal apa yng mampu dipilih oleh offroaders yng mempunyai dana dibatasi?
Memilih Ban Motor Trail Terbaik Untuk Medan Off RoadBagi offroaders yng mempunyai budget dibatasi, akan Amat bijak bagi atau bisa juga dikatakan untuk membeli ban trail off road tipe intermediate. Ban Motor Trail tipe ini cocok dipakai di aneka macam medan, baik di medan yng keras berbatu sampai-sampai medan becek serta basah. Tipe ban ini pun handal di jalur yng keras serta licin semisal di pegunungan.
Di pasaran Indonesia, ada beberapa merk ban trail off road tipe intermediate yng mampu Anda pilih, semisal Bridgestone M403 serta M404, Dunlop tipe Geomax MX51 serta Maxxis tipe Maxx Cross IT. Selain terjangkau, Merk ban trail off road yang telah di sebutkan tidak sedikit dipakai oleh para offroaders lantaran tak butuh repot mengganti ban era melewati medan off road yng berat.
Itulah tidak banyak berita wacana Tips serta Cara Memilih Ban Motor Trail Terbaik Untuk Medan Off Road. Semoga mampu berguna serta Salam OtoZones!
Memilih Ban Motor Trail Terbaik Untuk Medan Off Road
oke sob itu tadi adalah tips memilih ban off road terbaik salam otozone sob dan salam APRS racing team sekian terimakasih

















Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tips Setting Karburator PWK28

Cara Memasang FPR Pada Motor

Cara Kerja Karburator pada motor